1 dari 3 Stanza Lagu Nasional dan Hari Lahir Pancasila

Aku suka mendengar musik tapi tidak menyanyi. Itu sudah menjadi bakat alamiahku untuk bisa selalu menyanyikan sebuah lagu dalam not yang salah. Menghapal sebuah lagu adalah masalah kedua. Mendengarkan lagu yang sama berulang kali tidak otomatis membuatku bisa mengingat liriknya. Kabar baiknya, setelah bertahun-tahun mengikuti upacara di bangku sekolah, aku berhasil mengingat dengan sempurna lirik-lirik pada lagu national.

Sempurna? Hari ini, tepat pada 1 Juni 2017, apa yang aku percayai ternyata salah. Lagu Indonesia Raya yang selalu kunyanyikan dengan bangga di setiap upacara bendera ternyata hanya 1 dari 3 stanzanya saja. Apa kabar 2 stanza lainnya yang tidak pernah aku tahu? Seketika aku sadar, aku tidak mengenal negeriku dengan baik.

Semoga kamu tahu judul lagu dari petikan lirik ini:

Indonesia, tanah berseri,
Tanah jang aku sajangi,
Marilah kita berdjandji,
Indonesia abadi.

Pepatah lama mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’, maka alangkah baik jika aku membaca ulang sejarah negeri, meresmikan negeriku sebagai  ‘Tanah yang aku sayangi…’

Tercatat resmi bahwa 1 Juni adalah Hari Lahir Pancasila. Upacara digelar di setiap institusi. Lalu, peserta akan mengucapkan isi Pancasila lewat lisan yang, berbaik sangka pada generasi, juga mengaplikasikannya pada tindakan.  Mari ingat isi silanya:

1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Semoga kita hapal dan mengamalkan silanya.

Ketika kamu mencintai sebuah negeri, ingatlah hal-hal baik yang menjadi budaya dan budayakanlah hal baik. Kebaikan akan terus tertanam dan menular pada orang lain. Mari jaga Indonesia bersama, hargai perbedaan, berhenti saling membedakaan. Sebab sebuah negeri adalah rakyat itu sendiri. Selamat Hari Lahir Pancasila. Indonesia Raya, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika adalah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *