Mengenal Ekspedisi Nusantara Jaya dan Persyaratannya

Gagasan Awal Ekspedisi Nusantara Jaya

Mengutip langsung info dari laman resmi Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ), ENJ merupakan kegiatan besar yang menjadi salah satu awalan bagi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk melakukan aksi nyata menuju Poros Maritim Dunia yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian utama kepada daerah-daerah terpencil, terluar, perbatasan, dan wilayah timur Indonesia, serta salah satu alternatif peningkatan sumber daya manusia yang andal dalam bidang pelayaran dan cikal bakal tol laut menuju Poros Maritim Dunia. Akhirnya, ENJ diselenggarakan secara perdana pada tahun 2015 dan secara rutin diselenggarakan setiap tahun sampai sekarang.

Syarat Pendaftaran Ekspedisi Nusantara Jaya

Persyaratan ENJ
 Sebenarnya ada beberapa jalur untuk mengikuti kegiatan ini seperti jalur siswa, mahasiswa, pemuda/umum. Ada juga beberapa peserta yang mendapat undangan langsung dari pihak kementerian. Tapi secara umum, untuk kamu yang tertarik mengikuti kegiatan ini, kamu hanya perlu menuju laman resminya disini dan mengikuti prosedur yang tertera disana. Membuat akun, mengisi biodata dan persyaratan lain yang harus dipenuhi. Nah, persyaratan ini yang agaknya membuat sebagian peserta mundur. Kamu harus membuat surat keterangan dari dokter, surat izin orang tua/wali, dokumen bukti keterampilan, surat pengajuan diri peserta dan hal lain seperti yang tertera dalam foto. Surat dan dokumen tersebut, selain esai pendek, diminta dalam bentuk jpg sementara esai dalam bentuk pdf. Jadi waktu saya daftar, surat/dokumen cetak tersebut saya scan sebagai solusinya. Ada batas minimal ukuran file yang diunggah juga jadi kamu harus siap-siap nge-compress file ya 🙂
Surat Keterangan Dokter
Tau kan ini jenis surat apa? Untuk mendapatkan surat ini, kamu tidak harus ke rumah sakit internasional. Surat keterangan dari rumah sakit lokal juga diterima 🙂 Cara mendapatkannya mudah. Datangi sebuah rumah sakit, tanya petugasnya dengan sopan, ikuti prosedur.
Surat Izin Orang Tua/Wali
Kalau surat yang ini saya cetak ini. Saya ketik, print, minta tanda tangan dan izin orang tua. Ingat ya, minta izin. Soalnya kamu niatnya mau ikut ekspedisi, bukan kabur dari rumah. Untuk formatnya, saya pakai yang seperti ini:

 

 

Dokumen Bukti Keterampilan
Ada banyak jenis pilihan keterampilan yang diharapkan akan memberi kontribusi positif selama ekspedisi. Sebagai peserta, saya harus memilih tiga keterampilan. Nah, ini juga awalnya agak membingungkan buat saya. Keterampilan saya apa? Akhirnya setelah berpikir panjang dan bongkar file, akhirnya saya menemukan satu bukti keterampilan. Alhamdullillah, cuma perlu satu bukti saja.
Surat Pengajuan Diri Peserta
Ini juga saya ketik dan cetak sendiri. Oya, sama seperti surat izin orang tua, saya menggunakan materai untuk kolom tanda tangannya. Seperti ini format yang saya pakai:
Fotokopi KTP
Semoga kamu semua sudah pada tahu fotokopi KTP itu bentuknya gimana…
Esai Pendek
Untuk tahun ini, 2017, tema esainya adalah: CITA-CITAKU IKUT MEMBANGUN NEGERI MELALUI KEGIATAN EKSPEDISI NUSANTARA JAYA. Ada beberapa poin yang harus kamu tuliskan dalam esai tersebut yang sudah dicantumkan detail dalam panduan persyaratan. Kamu hanya perlu membacanya. Untuk Versi esai saya, saya menulis apa yang saya ketahui tentang kemaritiman Indonesia, apa yang sudah saya lakukan dalam upaya memperkenalkan kemaritiman kita, masalah yang maritim kita hadapi, solusinya dan janji saya setelah mengikuti kegiatan ini.
Tim ENJ 2016 Papua di atas perahu motor bersama warga menuju lokasi pengabdian di Pulau Nau, Kabupaten Waropen, Provinsi Papua

Sudah baca lamannya, kan? Sebab di laman resminya sudah dijelaskan bahwa Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) menjadi sebuah langkah implementasi untuk mendekatkan saudara-saudara kita bahwa NKRI itu satu dan laut yang menjadi pemersatu kita sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. ENJ juga menjadi upaya untuk menghadirkan Negara di pulau-pulau kecil dan terluar dengan mengirimkan pemuda-pemudi terbaik nusantara agar terjun langsung di masyarakat yang membutuhkan.

Nah, kalau kamu merasa sebagai putra-putri terbaik negeri ini dan ingin mengikuti ekspedisi ini, silahkan buka laman resminya. Mari lakukan sesuatu untuk negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *